Sabtu, 16 Februari 2013

Mencari Surat dan Ayat dalam Al Qur'an



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Allah menurunkan al-Qur’an dengan bahasa Arab yang di dalamnya terdiri dari 30 juz, 114 surah, 623 ayat dan 554 ruku’ ( ع ), ada juga yang mengatakan 6666 ayat. Al Qur’an sebagai kitab suci dan mu’jizat Nabi Muhammad SAW yang terbesar telah mengundang para ilmuwan baik dari kalangan muslim sendiri maupun non muslim untuk menggali dan mengkaji isinya dari perbagai sudut disiplin ilmu yang berbeda-beda. Salah satu kajiannya adalah mengklasifikasikan surat dan ayat Al Qur’an berdasarkan topik masalah atau pokok bahasan.
Seperti yang ditulis oleh A. Hamid Hasan Qolam dengan judul Indeks Terjemah Al Qur’anul Karim yang berisi penuntun mencari ayat mengenai suatu materi atau pokok bahasan melalui bahasa Indonesia berdasarkan abjad yang terdiri dari lima jilid. Dengan sistem alfabet pembaca cukup memperhatika huruf awal dari suatu materi, pokok masalah dan bahasan. Maka sudah dapat ditentukan dijilid mana adanya ayat yang berkaitan dengan hal yang dicari tersebut.
B.     Rumusan Masalah
1.        Apa saja kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an ?
2.        Bagaimana cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an ?

C.    Tujuan
1.           Mengetahui kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
2.           Mengetahui cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an






BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kitab-kitab yang Berhubungan dengan Cara-Cara Mencari Surat dan Ayat dalam Al-Qur’an
Dalam mencari surat dan ayat atau ungkapan yang berasal dalam Al-Qur’an, ada di surah apa kata dan ungkapan itu, dan ada pada ayat berapa. Ada kitab-kitab yang berisi petunjuk mencari ayat dan surat sesuai dengan topik, pokok bahasan, maupun masalah. Para ahli telah menyusun semacam kamus ( mu’jam) untuk memudahkan para pengguna Al-Qur’an dalam mencari surah dan ayat dalam Al-Qur’an, diantaranya ialah:
1.         Kitab berbahasa arab
Dalam mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an, ada kitab-kitab yang  berisi petunjuk mencari ayat dan surat sesuai dengan topik, pokok bahasan, maupun masalah. Kitab-kitab berbahasa dan bertulisan Arab yang tekenal untuk mencari ayat-Ayat Al-Quran yaitu :
a  فَتْحُ الرَّحْمَنْ لِطَالِبِ ايَاتِ الْقُرْانِ  (Fathur Rahman li Thalibi Ayatil-Qur’an)
Kitab ini karangan Syaikh Ilmi Zadeh Fu’ad Abd Al Baqiy. Kitab ini banyak dikenal khususnya di kalangan pondok-pondok pesantren sebagai sebuah kitab yang dianggap sangat praktis dalam membantu para siswa mencari ayat dan surat dalam Al-Qur’an hanya untuk membuka kitab ini para siswa dituntut sedikit untuk mempunyai ilmu shorof khususnya ketika mencari melalui fi’il (kata kerja)

b.  الْمُعْجَمُ الْمُفَهْرَسُ لِاَلْفَاظِ الْقُرْانِ الْكَرِيْمِ (Mu’jam al Mufahras li Alfadzil-Qur’an)
Kitab ini disusun oleh Muhammad Fuad Abd Al Baqiy. Menurut pengakuannya di antara motivasi penyusunan kitab ini, adalah karena dia tidak merasa puas dengan kitab “Nujum Al Furqan Fi Athraf Al Quran”  karangan seorang orientalis Jerman yang bernama Plugal.2
Kitab ini diawali dengan kata pendahuluan dari penyusun yang berisi metode penyusun materi yang disusun seperti susunan kamus-kamus popular : al Asas karangan al Zamakhsyari, al Misbah karangan Al Fayumi, Muhith al Muhith karangan al Bustani dan sebagainya. Artinya urutan kata dalam kitab disusun berdasarkan kata dasar diurut dari huruf pertama, kedua, dan ketiga. Sedang akar kata (entri) diambil dari dasar fi’il Madhi Tsulasi Mujarrad yang ma’lum (pola aktif), kemudian diurutkan fi’il mudhari’, dan fi’il amrnya. Setelah itu fi’il madhi atau mudhari’ yang majhul (pola pasif) dan kata-kata jadian berikutnya.
2.     Buku berbahasa indonesia
Ada banyak kitab berbahasa Indonesia yang berisi tentang cara atau strategi mencari ayat Al-Quran, diantaranya:
a.              Konkordasi Quran, karangan Ali Audah
b.             Indeks Al-Quran, Karangan Azharuddin Sahil
c.              Qamus Al-Quran, karangan Abdul Qadir Hasan
d.             Indeks Terjemah Al-Quran Al- Karim
B.     Cara-cara Mencari Surat dan Ayat dalam Al-Qur’an
1.     Kitab berbahasa arab
a.      Mencari surat dan ayat dalam Al-qur’an dengan menggunakan kitab karangan Syaikh Ilmi Zadeh Fu’ad Abd Al Baqiy
فَتْحُ الرَّحْمَنْ لِطَالِبِ ايَاتِ الْقُرْانِ
Sebagai misal, potongan ayat berikut terdapat pada surat apa dan ayat berapa?
إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
Untuk pencarian surah dan ayat (ungkapan dan kata) dalam kitab Fathur Rahman ini agak rumit, karena si pencari harus mengikuti langkah-langkah berikut:
·               Si pencari harus mengingat kata atau ungkapan yang ingin di cari, umpamanya, untuk menentukan ungkapan ini ada di surah apa, ayat berapa si pencari bisa melalui 4 tempat:
1)           الله ( tapi cara ini agak lama, karena lafadz ini dalam Al-Qur’an bisa terulang 592 kali, belum lagi Allahu dan Allahi).
2)           يخشى dari fi’il madli خشي maka kita harus membuka باب الخاء  lalu di telusuri sampai ke akar kata (entri) خشي maka akan di temui tulisan: فط ٢٨
3)           عباد dari fi’il madly عبد maka kita harus membuka باب العين lalu di telusuri sampai ke akar kata (entri) عبد maka akan di temui tulisan:فط ٢٨
4)           العلماء dari fi’il madly علم maka kita harus membuka باب العين lalu di telusuri sampai ke akar kata (entri) علم maka akan di temui juga tulisan yang sama, yaitu : فط ٢٨
·               Setelah kita temukan ungkapan itu dalam kitab, langkah brikutna adalah membaca kode huruf dan angka yang tertera di depan ungkapan tadi yaitu kode فط yang artinya ungkapan atau kat tersebut berda dalam surah Fatir (فاطر), sedangkan angka ٢٨ (28) menunjukan nomor ayat pada surah tersebut.
·               Langkah berikutnya adalah mlihat kode فط dalam daftar kode surah yang terdapat di awwal kitab Fathur Rahman untuk mengetahui surah Fatir terletak pada urutan sura ke berapa dalam tertib surah-surah Al-Qur’an. Carilah dalam kelompok ف dan lihat فط, maka akan ditemukan kode sebagai berikut: ٥٧٤ فط ٣٥ فاطر
Keterangan:
٥٧٤       : Halaman mushaf yang digunakan dasar penetapan dalam kitab Fathur Rahman
فط           : Menunjukan kode surah yakni surah Faatir
٣٥(35)   : Menunjukan nomer urut surah Faatir dala tata urutan surah Al-Qur’an
فاط          : Nama Surah
·               Dengan langkah –langkah di atas dapat disimpulkan bahwa ayat tersebut terdapat dalam surah Faatir [35] ayat 28.

b.           Mencari surat dan ayat dalam Al-qur’an dengan menggunakan kitab karangan Muhammad Fu’ad al-Baqiy   الْمُعْجَمُ الْمُفَهْرَسُ لِاَلْفَاظِ الْقُرْانِ الْكَرِيْم
Cara menggunakan buku ini lebih mudah dan lebih praktis dari pada kitab Fathur Rahman, karena buku ini tidak menggunakan kode-kode huruf untuk menunjuk pada nama surah.
Cara penggunaan kitab ini ialah sebagai berikut:
·               Perhatikan terlebih dahulu judul kolom pada setiap halaman Mu’jam.
·               Di setiap judul kolom itu bertulis berturut-urut :
اللفظة = Lafadz/ kata kunci
الاية = Potongan ayat yang di maksud
رقمها = Nomor ayat dari potongan ayat dimaksud
م / ك = Makkiyah atau Madaniyah
السورة = Surah, yang didalamnya terdapat ayat dimaksud
رقمها = Nomor surah
·               Kita coba ambil contoh: Kita ambil kata يخشى  dari fi’il Madli خشي sebagai kata kunci
·               Selanjutnya carilah secara berurutan pada kolom اللفظة, tasrif dari kata يخشى  di mulai dari kata خشي berserta perubahan dhomir-nya.
·               Kemudian kita buka باب الخاء lalu di telusuri sampai ke akar kata (entri) خشي  dan turunannya يخشى maka akan di temui tulisan :
٢٨ ك فاطر ۳۵
·               Keterangan:
٢٨         : Nomor ayat pada surah
ك           : Ayat tersebut diturunkan di Makkah
فاطر      : Nama Surah
۳۵         : Menunjukan nomer urut surah Faatir dalam tata urutan surah Al-Qur’an
·               Jadi ayat tadi berada pada surah Faatir [35] ayat 28, ayat ini diturunkan di Makkah

2.         Kitab Berbahasa Indonesia
a.         Cara mencari Surat dan Ayat Al-Qur’an dengan kitab Indeks Terjemah Al-Quran Al-Karim
Mencari surat dan ayat Al-Quran melalui kitab Indeks Terjemahan Al-Quran lebih mudah dari pada mencari dengan menggunakan Al-Mu’jam atau Fathurrahman, hal ini dikarenakan Kitab Indeks Terjemahan Al-Quran memuat kata kunci dari terjemahan bahasa Indonesia.
Langkah- langkah dalam mencarinya adalah sebagai berikut:
1.      Mencari terjemahan ayat
2.      Menetapkan kata kunci dari terjenahan
3.      Cari kata kunci yang diambil dari terjemahan dan cari di kitab indeks. Misalnya ‘AAD,
Untuk mencarinya kita mencari kata AAD di dalam kitab indeks terjemah, dalam kitab ini kata-katanya tersusun dari A sampai Z, jadi sangat mudah. Lalu lihat terjemahannya dan cocokkan dengan terjemahan yang kita cari Untuk melihat surat dan ayat lihat diujung terjemahan atau ujung bagian kiri, disitu nama ayat dan huruf  S dan A. S menunjukkan surat dan A menunjukkan ayat
b.         Mencari Surat dan Ayat Al-Qur’an dengan kitab Konkordasi Al-Quran
Mencari ayat dengan menggunakan kitab Konkordasi Al-Quran sama dengan mencari ayat menggunakan kitab Mu’jam, yang berbeda di kitab ini dipakai kata kunci bahasa tulisan arab dan latin sekaligus, dan ciri yang paling menonjol ialah dalam kitab ini kata kuncinya dalam bentuk isim atau fiil sebagaimana yang tertulis didalam Al- Quran, namun tidak memakai terjemahan seperti di kitab indeks terjemahan.
misalnya kita memakai kalimat Afrigh sebagai kata kunci, untuk mencarinya kita bisa lihat kalimat afrigh tulisan bertulisan latin dibagian kiri kitab, dan dibawahnya tercantum ayat- ayat yang ada kalimat afrigh padanya .Untuk mengetahui ayatnya lihat angka latin dibawah kata kunci afrigh yang digunakan sebagai kata temanya, angka yang dikiri tanda titik menunjukkan suratnya dan yang dikanannya menunjukkan ayatnya. Seperti pada gambar diatas, ayat yang memuat afrifgh diatas menunjukkan surat Al-Araf ayat 126
c.       Cara mencari Surat dan Ayat Al-Qur’an dengan kitab Indeks  Al-Quran
Cara mencari ayat menggunakan kitab ini hamper sama dengan mencari ayat dengan menggunakan kitab Indeks Terjemah Al-Quran, yaitu mengambil kata kunci dari terjemahan ayat. Perbedaannya dikitab ini tidak dicantumkan nama surat dan teks ayat sebagaimana kitab Indeks Terjemahan Al-Quran, disini hanya dicantumkan nomor surat dan ayat serta terjemahan tanpa teks ayat Misalnya kita menggunakan kata kunci ADAM, maka kita lihat dibagian A seperti kamus bahasa, karena dikitab ini tersusun rapi dari A sampai Z. cari adam dan lihat terjemahannya dan samakan dengan terjemahan ayat yang dicari
d.            Cara mencari Surat dan Ayat Al-Qur’an dengan kitab Qamus Al-Quran
Mencari ayat dengan menggunakan Qamus Al-Quran sama halnya dengan mencari ayat dengan kitab Indeks Al-Quran. Hanya saja di Qamus Al-Quran hanya sangat ringkas sekali, Qamus Al- quran hanya memuat Kata Kunci, nama surat dan ayat. Kata kunci Qamus Al-Quran menggunakan bahasa dan tulisan arab serta terjemahannya berbahasa Indonesia bertulisan latin, sehingga kita bisa menggunakan kata kunci Arab dan kata kunci terjemahan
























BAB III
ANALIS
Analisis Kompetisi
          Setelah menelaah SK-KD dan uraian meteri kurikulum Al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah, dapat kita klasifikasikan secara global kompetensi-kometensi sesuai tiga domain:

1. Domain kognitif
           Domain kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya, dan kemampuan mengevaluasi sehingga kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain menghafalkan, memahami, mengidentifikasi, menerjemahkan.
2. Domain Psikomotrik
            Domain yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Maka kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi.
3. Domain Afektif
            Domain yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah efektif mencakup watak perilaku seperti penasaran, minat,sikap,emosi,dan nilai















BAB IV
SIMPULAN
Mencari ayat-ayat dan surat-surat dalam Al-quran harus tidaklah mudah. Untuk memudahkan pencarian itu para ulama menyusun kitab- kitab yang berfungsi untuk mencari ayat-ayat dan surat- surat dalam Al-Quran untuk memudahkan umat islam pada umumnya dan para pelajar islam pada khususnya dalam mencari ayat-ayat Al- Quran. Kitab-kitab yang bisa digunakan untuk mencari ayat-ayat Al-Quran itu sangat banyak, ada yang berbahasa Arab dan bertulisan Arab, ada juga yang bertulisan Indonesia dan berbahasa Indonesia, dan ada yang menggunakan bahasa dan tulisan Arab dan Indonesia sekaligus, dan tidak tertutup kemungkinanan ada yang berbahasa selain arab dan indonesia serta selain tulisan Arab dan latin.
Kitab-kitab yang pemakalah cantumkan dalam makalah ini merupakan bagian dari kitab-kitab yang bisa digunakan untuk mencari ayat-ayat Al-Quran. Dengan menggunakan kitab-kitab ini maka ayat yang dicari akan mudah ditemuakan, dengan mudahnya ditemukan maka ayat itu akan cepat bermanfaat bagi yang mencarinya pada khususnya dan bagi umat pada umumnya jika yang mencari ayat itu menggunakannya untuk kemaslahatan umat manusia
            Demikianlah makalah yang data kami sampaikan,kami sadar bahwa makalah ini ekemampuan kami. Oleh karena itu,  masukan,saran,an kritik sangat kami nantikan dalam rangka memperbaiki makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pemakalah ,pembaca dan kita semua,Amien.













DAFTAR PUSTAKA
Al Qur’an
Fathur Rahman, Indonesia
Berdasarkan Standar Isi Madrasah Aliyah
Team Guru Bina PAI Madrasah Aliyah, Al Hikmah, Sragen : Akik Pusaka, 2010.
Modul Qur’an Hadits kelas IX, Kudus: MA Mu’alimat, 2012
Al Baqiy, Ilmi Zadeh Fu’ad Abd, Fathur Rahman li Thalibi Ayatil-Qur’an, Beirut : Darul Fikri, 1995.
Al Baqiy, Muhammad Fuad Abd, Mu’jam al Mufahras li Alfadzil-Qur’an, Kairo : Darul Hadits, 2001.
Fauziyah, Lilis dan Andi Setyawan, Kebenaran Al Qur’an dan Hadits, Malang : Tiga Serangkai Pustaka, 2008.
Ali Audah, Konkordasi Quran, PT Pustaka Lentera Antar Nusa, Bogor 1991
Azharuddin Sahil, Indeks Al-Quran, Mizan, Bandung 1994
http://ongkumaro.blogspot.com/2012/04/strategi-mencari-ayat-alquran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar